Visi Dr. Sam Ratulangi, ODSK Wujudkan Sulut Pintu Gerbang di Asia Pasifik

Avatar photo
Gubernur Prof Dr (HC) Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Drs Steven Kandouw (ODSK), cepat tanggap dalam penanganan korban erupsi Gunung Ruang. (Istimewa)

MANADO, NYIURNEWS.COM – Pemerintahan Gubernur Prof Dr (HC) Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Drs Steven Kandouw (ODSK) berhasil mewujudkan mimpi Dr. Sam Ratulangi menjadikan Sulawesi Utara (Sulut) sebagai pintu gerbang Indonesia di Asia-Pasifik.

Menjadikan Sulut sebagai pintu gerbang Indonesia di Asia Pasifik memang merupakan rencana pembangunan daerah yang dituangkan dalam visi dan dijabarkan melalui lima misi utama ODSK.

Yakni peningkatan kualitas sumber daya manusia Sulut, penguatan ekonomi yang bertumpu pada sektor industri serta pembangunan infrastruktur dan perluasan konektivitas. Kemudian pembangunan daerah yang berkelanjutan ditopang dengan pemerintahan yang baik didukung sinergitas antar daerah.

“Saat ini, Manado telah terkoneksi dengan tiga negara raksasa Asia Timur. Dengan hadirnya penerbangan langsung Manado-Cina, Manado-Jepang dan Manado-Korea Selatan. Di mana sebelumnya, penerbangan Manado-Singapura telah beroperasi kembali,” ujar Gubernur Olly Dondokambey.

Lanjut gubernur, posisi Geostrategis Sulut di utara Indonesia menjadikan Bumi Nyiur Melambai menjadi pintu gerbang di Asia Pasifik.

“Selain direct call ke beberapa negara besar Asia, Pemprov Sulut juga telah bekerja sama dengan SITC Line. Perusahan cargo shipping terbesar di Cina. Perusahaan ini mengoperasikan konektivitas laut dari Pelabuhan Bitung ke berbagai kota pelabuhan di China, Jepang dan Korsel. Transit port Manila dan Davao di Filipina yang telah dimulai sejak awal Februari lalu,” beber Bendahara Umum PDIP itu.