Aturan Baru, Baju Adat Jadi Salah Satu Seragam Siswa

Avatar photo
Ilustrasi pakaian adat. (Istimewa)

MANADO, NYIURNEWS.COM – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Nadiem Makarim, menerbitkan peraturan mengenai pemakaian seragam sekolah.

Aturan ini diterbitkan melalui Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbudristek) Nomor 50 tahun 2022 tentang Pakaian Seragam Sekolah Bagi Peserta Didik Jenjang Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah.

Dalam aturan ini, peserta didik dapat mengenakan baju adat pada hari atau acara adat tertentu.

Tujuan pengaturan seragam sekolah terbaru ini untuk menanamkan dan menumbuhkan jiwa nasionalisme, meningkatkan citra satuan pendidikan, menumbuhkan semangat persatuan dan kesatuan di kalangan peserta didik.

Kepala Dinas Pendidikan Pemprov Sulut Femmy Suluh menuturkan, pihaknya siap menerapkan aturan terbaru tentang seragam sekolah tersebut.

“Pada prinsipnya karena itu kebijakan nasional tentu kita siap menyesuaikan, apalagi sudah ada Permen,” kata dia Selasa (16/4/2024).

Mengenai teknisnya, ia enggan berkomentar lebih.

Diketahui, ada tiga jenis seragam sekolah dan satu pakaian adat yang digunakan siswa SD, SMP, SMA yaitu pakaian seragam nasional, pakaian seragam pramuka, dan pakaian adat.

Peraturan tersebut sudah ada sejak tahun 2022 dan diharapkan dapat diterapkan sepenuhnya pada tahun ini. (*)