ODSK Berhasil Jaga Pertumbuhan Ekonomi Sulut di Atas Nasional

Avatar photo
Gubernur Sulut Prof DR (HC) Olly Dondokambey, SE dan Wakil Gubernur Sulut Drs Steven Kandouw (ODSK). (Istimewa)

MANADO, NYIURNEWS.COM – Pertumbuhan Ekonomi Sulawesi Utara pada triwulan I-2024 mengalami pertumbuhan sebesar 5,64 persen (y-on-y).

Pertumbuhan Ekonomi (PE) Sulawesi Utara di tiga bulan pertama lebih tinggi dari PE Nasional yang tercatat 5,11 persen (y-on-y).

Kepala Badan Pusat Statistisk (BPS) Sulawesi Utara, Asim Saputra menjelaskan, dari sisi produksi, lapangan usaha Jasa Lainnya mengalami pertumbuhan tertinggi sebesar 24,46 persen.

“Sementara dari sisi pengeluaran, pertumbuhan tertinggi dicapai oleh komponen Pengeluaran Konsumsi Lembaga Non-Profit yang Melayani Rumah Tangga dengan pertumbuhan sebesar 29,11 persen,” ujar Asim, Senin (6/5/2024).

Beberapa lapangan usaha yang mengalami pertumbuhan signifikan pada triwulan I-2024 diantaranya Jasa Lainnya (24,46 persen).

Selain itu, Administrasi Pemerintahan, Pertahanan dan Jaminan Sosial Wajib (20,03 persen) serta Jasa Pendidikan (8,37 persen).

Asim bilang, Adanya pesta demokrasi terbesar rakyat Indonesia yang diselenggarakaan pada triwulan I-2024 menjadi pemicu lapangan usaha Jasa Lainnya tumbuh impresif pada triwulan ini.

“Belanja-belanja kegiatan Pemilu mendorong konsumsi dan memberi dampak positif ke berbagai sektor,” ujar Asim.