Optimalkan Pelayanan Kesehatan, Survei Kepuasan Masyarakat (SKM), RSUD ODSK Raih Predikat Sangat Baik

Optimalkan Pelayanan Kesehatan, Survei Kepuasan Masyarakat (SKM), RSUD ODSK Raih Predikat Sangat Baik
Optimalkan Pelayanan Kesehatan, Survei Kepuasan Masyarakat (SKM), RSUD ODSK Raih Predikat Sangat Baik

MANADO, NYIURNEWS COM – Pelayanan publik di RSUD ODSK mendapat predikat Sangat Baik Prestasi pelayanan itu didapat setelah Unit Pelayanan Pubik  (UPP) RSUD ODSK melakukan Survei Kepuasan Masyarakat (SKM) pada 2023 lalu. Hasil survei, RSUD ODSK poin 90.11 atau mencapai Kategori A yakni Sangat Baik.

Direktur RSUD ODSK Prov Sulut dr. Lidya Evalien Tulus, M.Kes. (Foto: Donny Lole)

Direktur RSUD ODSK dr Lydia Tulus M.Kes mengatakan, survei yang dilancarkan UPP tersebut berlangsung pada periode 2023. Tim survei memberi lembaran quesioner kepada 18,562 penerima layanan rumah sakit dan terdapat 464 orang yang menyerahkan quesioner.

“Survei Kepuasan Masyarakat dengan 464 responden di RSUD ODSK Provinsi Sulawesi Utara Tahun 2023 menghasilkan nilai Survei Kepuasan Masyarakat (SKM) terhadap penyelenggaraan Pelayanan Publik sebesar 90,11. Dengan demikian berdasarkan nilai tersebut disimpulkan bahwa secara keseluruhan mutu pelayanan RSUD ODSK Provinsi Sulawesi Utara mendapatkan kategori A yaitu persepsi kinerja unit pelayanan Sangat Baik,” ujar Direktur RSUD ODSK Prov Sulut dr. Lidya Evalien Tulus, M.Kes, dalam rilis yang dikirim ke redaksi pada Jumat (24/5/2024) malam.

Adapun Jumlah responden berdasarkan jenis kelamin yakni  Laki – Laki 163 orang (35%) dan Perempuan 301 (65%) Total 464 (100%).

Menurut dr Lydia, SKM ini merupakan parameter ilmiah untuk menakar kualitas pelayanan RSUD ODSK. UPP memang membuat survei secara berkala yang tujuannya untuk membantu pemerintah meningkatkan kualitas pelayanan rumah sakit.

Hasil survei ini lanjut Lydia akan dipakai sebagai acuan pengambilan kebijakan ke depan.

“Survei tidak dimaksudkan untuk mengumbar prestasi rumah sakit semata, tapi dipakai untuk mendesain program dan kebijakan lebih lanjut berbasis pelayanan. Kita berharap hasil survei ini membantu mindset ASN untuk memberikan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat,” jelas Lydia Tulus.

SKM dibuat untuk mengetahui dan mempelajari sejauh mana tingkat kinerja unit pelayanan publik serta sebagai bahan untuk memberikan rekomendasi kepada unit pelayanan publik di lingkungan RSUD ODSK atas pelayanan yang dilakukan. SKM juga dilakukan untuk mengetahui perbandingan antara harapan dan kebutuhan dengan pelayanan yang diberikan, dapat dilakukan melalui kuesioner atau tanya jawab langsung dengan responden terhadap tingkat kinerja pelayanan publik yang diberikan oleh unit penyelenggara pelayanan publik.

“Melalui data dan informasi tentang tingkat kepuasan masyarakat yang diperoleh dari hasil pengukuran secara kuantitatif atau kualitatif atas pendapat masyarakat dalam memperoleh pelayanan dari Penyelenggara Pelayanan Publik, serta untuk mengetahui tingkat kinerja aparatur penyelenggaraan pelayanan di lingkungan Rumah Sakit Umum Daerah ODSK Provinsi Sulawesi Utara,” ujar dr Lidya.

Terpisah, Wakil Gubernur Sulut Drs. Steven Kandouw berterima kasih kepada seluruh ASN dan pegawai yang bertugas di RSUD ODSK, yang sudah bekerja memberikan pelayanan terbaik dan tergambar dalam hasil survei dimaksud. Namun demikian, Steven berpesan agar seluruh ASN dan non-ASN yang bertugas tidak cepat puas dengan skor nilai Sangat Baik hasil SKM, tapi menjadikan hasil survei sebagai motivasi untuk terus mengoptimalkan pelayanan dan menjaga keluhuran profesi.

Wagub Sulut, Drs. Steven Kandouw. (Foto : Ist)

“Jangan terlena dengan hasil penilaian SKM. Jadikan prestasi ini sebagai motivasi layanan kita kepada masyarakat atau penerima layanan. Hasil survei itu sifatnya berkala. Tapi pelayanan dokter, perawat dan petugas kesehatan untuk pasien itu berkelanjutan. Teruslah meningkatkan keahlian masing-masing. Layani pasien dengan hati. Dengan menjaga kualitas pelayanan, kita ikut merawat kehidupan,” pesan Wagub Steven Kandouw.

Petugas kesehatan di RSUD ODSK Sulut. (Foto : istimewa)

Khusus tajuk Healty Tourisme, Steven mengatakan RSUD ODSK merupakan rumah sakit kebanggaan masyarakat Sulut dengan spot istimewa yang memberi pengalaman estetik bagi penerima layanan. Selain kondisi lingkungan yang bersih, tata letak rumah sakit perjuangan Olly Dondokambey-Steven Kandouw (OD-SK) itu ikut memengaruhi proses penyembuhan bagi pasien. Pada lantai 8 – 10 ke atas, ODSK menampilkan view kota dan teluk Manado. Pasien yang menjalani perawatan dan pengunjung rumah sakit kerap dimanjakan dengan view estetik RSUD ODSK baik sore hari maupun malam hari.

“Pasien dengan kondisi stressing dapat melakukan healing di RSUD ODSK. Cukup menikmati view dari lantai 8 ke atas, saya yakin pengguna layanan mengalami perubahan,” pungkas Steven Kandouw.

Diketahui. RSUD ODSK merupakan upaya Gubernur Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven Kandouw menghadirkan pariwisata kesehatan (healty tourism). Pemprov mengajukan dan pinjaman ke PT SMI untuk mewujudkan pembanguan rumah sakit tersebut.

PT SMI sebagai pemberi pinjaman juga sudah melakukan Survei Kepuasan Masyarakat melalui Tim Peneliti dari IPB bandung dan Unsrat Manado pada akhir 2013 hingga awal 2024. Hasilnya sementara dirampungkan dan akan diumumkan ke publik sebagai kewajiban intansi pelayanan publik.

(Om Lole)