3 Desa di Dumoga Bolmong Terendam Banjir

Avatar photo

BOLMONG, NYIURNEWS.COM — Banjir merendam 3 desa di Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) Sulawesi Utara (Sulut). 3 desa tersebut adalah desa Werdhi Induk, Werdhi Agung utara dan Werdhi Agung Timur tepatnya di Kecamatan Dumoga Tengah Kabupaten Bolmong Sulawesi Utara (Sulut).

Diketahui sungai tersebut beberapa Tahun terakhir ini sangatlah rawan, dikarenakan setiap hujan lebat beberapa hari saja pasti mengakibatkan bajir di desa tersebut.

Salah satu warga di desa Werdhi menjelaskan bahwa, meluapnya sungai di desa mereka itu disebabkan intensitas hujan yang sangat tinggi sehingga sungai di desa Werdhi meluap.

Diketahui, pada hari selasa pagi tanggal 13 Agustus 2024 sekira jam 06.00 wita hujan lebat tidak berhenti sampai terjadi banjir.

Banjir tersebut tentunya berdampak buruk pada pemukiman warga dan lahan persawahan warga setempat.

Akibatnya, jalan desa dan seluruh aktivitas mata pencaharian warga lumpuh total dan sejumlah kendaraan mogok karena nekat melintas. Selain merendam desa Werdhi, banjir juga merendam beberapa desa di Kecamatan Dumoga.

Warga berharap pemerintah segera turun tangan mengatasi banjir ini. Bukan hanya mengatasi saat terjadi banjir, tetapi yang warga harapkan pemerintah bisa memberikan solusi agar bisa menyelesaikan persoalan banjir yang sering disebabkan oleh sungai tersebut.

Menurut laporan warga, Yang sering menjadi pokok persoalan banjir adalah sungai di desa itu. Apalagi kalo terjadi curah hujan yang cukup tinggi, pasti sungai tersebut meluap dan membanjiri beberapa desa tersebut.

Warga juga berharap agar pemerintah Kabupaten jangan cuma membaca berita ini tetapi turun langsung melihat kondisi desa yang saat ini sangat memprihatinkan. (*Jefta T)