Penjabat Bupati Minahasa Dr. Jemmy S. Kumendong Inspektur Upacara HUT RI ke 79 di Lapangan Sam Ratulangi Tondano

Avatar photo
Bupati Jemmy Kumendong bersama tamu undangan saat mengikuti upacara bendera HUT RI ke 79 di lapangan Sam Ratulangi Tondano. (Foto: istimewa)

Minahasa, nyiurnews.com – Bupati Minahasa Dr. Jemmy Stani Kumendong M,Si, menjadi Inspektur Upacara (Irup) pada upacara pengibaran Bendera Merah Putih dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) Proklamasi Republik Indonesia (RI) ke-79 bertempat di Lapangan Sam Ratulangi Tondano, Sabtu (17/8/24) pagi.

Selanjutnya pembacaan Teks Proklamasi dibacakan oleh Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Minahasa, Glady P.E Kandouw SE, kemudian pengibaran Bendera Merah Putih oleh Paskibraka Kabupaten Minahasa.

Hening Cipta dipimpin Penjabat Bupati Minahasa, kemudian dilanjutkan dengan pembacaan doa oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Minahasa Pdt. Dolie Tangian S.Th, M,Pd.

Usai upacara pengibaran bendera, dilanjutkan dengan ziarah ke makam pahlawan Dr. GSSJ Ratulangi. Upacara ziarah dipimpin Kapolres Minahasa AKBP S. Sophian SIK.

Lepas dari ziarah, Bupati Minahasa bersama rombongan, termasuk di dalamnya Ketua Tim Penggerak PKK Minahasa Ny. Djeneke Kumendong Onibala SH, MSA, Sekretaris Daerah Dr. Lynda D. Watania MM,M,Si, serta Forkopimda Minahasa dan pejabat Pemkab Minahasa, berlanjut ke Ruang Sidang Kantor Bupati Minahasa untuk mengikuti siaran langsung detik detik proklamasi dari Istana Negara di IKN dan istana merdeka di jakarta, dan dilanjutkan dengan resepsi kenegaraan bersama para veteran kemerdekaan.

“Dalam suasana yang penuh kebahagiaan, kebersamaan, dan semangat kebangsaan untuk memperingati kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-79, Saya merasa sangat terhormat dan bersyukur khususnya para veteran kemerdekaan yang telah berjuang dengan penuh pengorbanan demi meraih dan mempertahankan kemerdekaan bangsa ini” ujar Bupati Kumendong dalam Sambutannya

Kemerdekaan yang kita nikmati saat ini bukanlah pemberian atau kebetulan, melainkan hasil dari perjuangan panjang yang melibatkan darah, keringat, dan air mata para pahlawan bangsa. mereka telah mengorbankan segala-galanya, bahkan nyawa, demi masa depan bangsa yang merdeka dan bermartabat. dan pada hari ini, kita bersama-sama memberikan penghormatan yang setinggi-tingginya kepada para pejuang kemerdekaan, yang dengan tulus ikhlas mengabdikan hidup mereka demi tegaknya negara kesatuan republik indonesia.

Di momen resepsi kenegaraan ini, kita juga diingatkan akan pentingnya menjaga dan mengisi kemerdekaan dengan karya nyata dan kontribusi positif bagi bangsa dan negara. tugas kita sekarang adalah melanjutkan perjuangan para pendahulu kita dengan cara-cara yang relevan di masa kini. kita harus terus memperkuat persatuan dan kesatuan, membangun daerah dan bangsa dengan semangat gotong royong, serta menjaga keutuhan nkri dari segala bentuk ancaman dan tantangan” tutup Kumendong. (***)