KPU Sulut Menggelar Kegiatan Sosialisasi Tahapan Pilkada 2024 di MAN Model 1 Manado

Avatar photo

MANADO, nyiurnews.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sulawesi Utara (SULUT) menggelar kegiatan sosialisasi tahapan Pemilihan Kepala Daerah kepada Pemilih Pemula di Man Model 1 Manado, Kamis (5/9/2024).

Kegiatan ini dibuka oleh Ketua Divisi Perencanaan, Data dan Informasi KPU Sulut Lanny Ointu.

Adapun sosialisasi ini dilakukan untuk menyasar kepada pemilih pemula agar lebih memahami proses pelaksanaan Pilkada pada November mendatang.

Dalam kegiatan sosialisasi tersebut, Lanny Ointu membuka data jumlah pemilih berdasarkan generasi Pada DPS Pilkada 2024 tercatat :
Generasi Z 363.728 (18.6%)
Milenial 559. 513 (28.6%)
Generasi X 580.929 (29.7%)
Lansia 43.473 (2.2%)
Baby Boomers 409.635 (20.9%)
Dengan jumlah Presentasi DPS 1.957.278.

Lanny memaparkan bahwa, “KPU Sulut memiliki goals dalam meningkatkan partisipasi pemilih yakni di pemilih pemula di Sulut. Tentu yang menjadi sasaran utama kami pada pemilih pemula,” ujarnya.

Seperti diketahui, KPU Sulut terus melibatkan lebih banyak stakeholder termasuk tokoh agama dan tokoh masyarakat untuk menyukseskan Pilkada 27 November 2024 nanti.

Dalam kegiatan tersebut, Lanny Ointu juga meminta pada peserta yang hadir, untuk mengecek melalui aplikasi apakah sudah terdaftar sebagai pemilih atau belum dan juga dia meminta untuk mengecek apakah sudah masuk atau terdaftar di TPS masing-masing.

Ditambahkannya, “Warga masyarakat Sulawesi Utara banyak yang pintar-pintar dan sangat memahami nilai-nilai Demokrasi, karena banyak yang belajar demokrasi di Sulut. Untuk itu kita semua patut berbangga.

“Salah satu elektoral itu di Minahasa. Oleh karenanya Sulawesi Utara itu lebih terdepan dari provinsi lain, terutama kawasan Timur,” katanya menjelaskan.

Ketua Divisi Perencanaan, Data dan Informasi KPU Sulut Lanny Ointu yang membuka kegiatan sosialisasi ini berharap Pilkada 2024 akan jauh lebih baik dari sebelumnya, terutama partisipasi pemilih lebih meningkat. Olehnya, dia meminta seluruh elemen masyarakat pro aktif menyukseskan pilkada serentak nanti.

“Kerjasama stakeholder sangat diharapkan untuk menciptakan kondisi yang aman,” ujar Lanny yang hadir didampingi Staf KPU Sulut Ibu Julita, Ibu Juita dan para staf lainnya.

Yang menarik juga dari kegiatan sosialisasi hari ini adalah, KPU Sulut menghadirkan narasumber-narasumber yang hebat diantaranya, mantan Ketua KPU RI Ilham Saputra S.ip, dan juga Krisdianto Pranolo S.H, dari Advokat/praktisi hukum dan Rudinal mohdar S.Kep. M.M, dari Aktivis kepemudaan HMI Manado dan Alfariski Ukro dari Aktivis kepemudaan HMI, serta Abi Said, S.IP dari HMI sebagai moderator. (***)