Dinas PUPR Sangihe Fasilitasi Konfirmasi Kementerian ATR BPN Dalam Penyusunan RDTR PKSN Tahuna dan Marore

Avatar photo

CAHAYASIANG.ID, Sangihe – Pemkab Sangihe lewat Instansi Teknis Dinas PUPR memfasilitasi Kementerian ATR BPN dalam Rapat Konfirmasi Penyusunan Rencana Detail Tata Ruang Pusat Kegiatan Strategis Nasional (RDTR PKSN) Tahuna dan Pulau Marore. Giat ini dilaksanakan di Ruang Rapat Dinas PUPR Sangihe, pada Kamis (07/03/24).

Kawasan Perbatasan Negara merupakan salah satu Kawasan Strategis Nasional yang Wilayah Penataan Ruangannya di Prioritaskan karena mempunyai pengaruh sangat penting secara Nasional terhadap Kedaulatan Negara serta Pertahanan dan Keamanan Negara.

Berdasarkan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 11 Tahun 2017 tentang Rencana Detail Tata Ruang Kawasan Perbatasan Negara (RDTR KPN) di Provinsi Sulawesi Utara, salah satunya berada di kabupaten Kepulauan Sangihe. Tahuna diamanatkan sebagai Pusat Pelayanan Utama dan Marore di arahkan sebagai Pusat Pelayanan Pintu Gerbang.

Kepala Dinas (Kadis) PUPR Engelin Sasiang saat diwawancara usai Rapat tersebut mengatakan bahwa, Kegiatan hari ini adalah Konfirmasi dari Kementerian ATR BPN terkait perampungan RDTR PKSN Tahuna dan Marore, dimana Materi Teknisnya sudah selesai pada Tahun lalu.

“Hari ini Tim dari Kementerian ATR BPN kembali memberikan Peluang sekiranya masih ada hal-hal yang perlu diperbaiki, mengingat Peraturan Presiden (Perpres) ini yang nantinya akan ditetapkan itu juga berlaku cukup lama dan itu akan berdampak pada Perkembangan Wilayah atau Infrastruktur dan Perkembangan Ruang hingga 20 tahun kedepan,” tutur Sasiang.

Lebih lanjut Sasiang berharap dengan adanya Perhatian Pemerintah dalam penyusunan Rencana Detail Tata Ruang Pusat Kegiatan Strategis Nasional (RDTR PKSN) Akan membuka Peluang Investasi dalam dan Luar Negeri.

“Dengan disusunnya RDTR PKSN ini tentunya akan membuka peluang Investasi dari Dalam maupun Luar Negeri untuk membuka usahanya di Kepulauan Sangihe ini,” pungkasnya.

Dalam kegiatan itu dihadiri oleh Dandim 1301, Danlanal Tahuna, Danramil Tahuna, Danposal Marore, Kepala PLN Sangihe, Kepala Kantor Pertanahan BPN Kabupaten Kepulauan Sangihe, Kepala Subdirektorat Perencanaan Tata Ruang Kawasan Strategis Nasional IV, Radisa Citra Dewati S.P.W.K., Dini Nurdiani, S.T., Teuku Muhammad Zhafran, S.T., Rifkoh Mardliyan, S.Si., (*Anto)