Bupati Sorongan Jadi Orang Pertama di Sulut Lakukan Coklit

Avatar photo
Bupati Sorongan Jadi Orang Pertama di Sulut Lakukan Coklit. (Foto : istimewa)
Bupati Mitra Ronald Sorongan jadi orang pertama di Sulawesi Utara (Sulut), yang dicoklit oleh Pantarlih. ( Foto : istimewa)

MITRA, NYIURNEWS.COM – KPU Mitra mencatatkan prestasi dalam tahapan Pencocokan dan Penelitian (Coklit), dalam tahapan Pemutakhiran dan Penyusunan Daftar Pemilih Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur serta Bupati dan Wakil Bupati Tahun 2024.

Hari pertama coklit, Senin 24 Juni 2024 Lembaga yang digawangi Otnie N Tamod
(Ketua), Ryan J Sandag (anggota), Satro Mokoagow (anggota), Lucky Mamahit
(anggota), Aulia Syukur dan Fajri Monoarfa (Sekretaris), menjadi yang terdepan diantara 15 Kabupaten/Kota di
Provinsi Sulawesi Utara (Sulut).

Tak ayal, Penjabat (Pj) Bupati Ronald Sorongan menjadi orang pertama yang
dicoklit di Sulawesi Utara (Sulut).

Coklit perdana ini digelar serentak dan KPU Sulut melakukan live streaming via link zoom dan media sosial (medsos).

Dari sinilah terinformasi bahwa KPU Mitra yang pertama di Sulut menurunkan Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih) melakukan coklit.

“Kami tidak menargetkan itu. Kami hanya berusaha semaksimal mungkin melakukan yang terbaik dan mengikuti
petunjuk dari para pimpinan kita,” Kata Ketua KPU Kabupaten Mitra, Otnie N Tamod.

“Ini baru awal. Tapi, kami berharap semua dapat berjalan lancar sampai akhir coklit, bahkan sampai penyusunan Daftar Pemilih Tetap (DPT) nanti,” sambung ketua.

Ronald Sorongan dicoklit di rumah dinasnya, di Kelurahan Tosuraya, Kecamatan Ratahan (sesuai alamat KTP-El). Ia ditemui oleh Pantarlih, Jein Langi, yang bertugas di wilayah Tempat Pemungutan Suara (TPS) 1, Kelurahan
Tosuraya.

“Kami himbau kiranya layani para petugas pantarlih yang mendata bagi bapak, ibu, saudara-saudara, yang akan menjadi pemilih dalam Pilkada (Pemilihan Kepala Daerah) tahun 2024,” tutur Pj Bupati.

Turut hadir dalam Coklit perdana ini, Ketua, empat anggota bersama Sekretaris KPU Mitra, Ketua Bawaslu Mitra Jobie Longkutoy didampingi pimpinan Bawaslu lainnya Mario Lontaan, Sekretaris Daerah (Sekda) David Lalandos, Kepala Badan Kesbangpol Mitra Agustina Tangian, Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) Ratahan.

Sebelumnya, KPU Mitra Menggelar Apel Akbar sekaligus pelantikan Pantarlih oleh Ketua KPU Mitra, di Lapangan depan Kantor DPRD Kabupaten Mitra, Ratahan.

Apel ini diikuti seluruh jajaran KPU Kabupaten Mitra, Pimpinan Bawaslu Mitra, Pj Bupati, anggota Forum Komunikasi Pemerintah Daerah Kabupaten Mitra, Sekda bersama sejumlah pejabat Pemerintah Kabupaten Mitra, PPK dan para ketua Panitia Pemungutan Suara (PPS) serta 341 Pantarlih se-Mitra. (*Jefta Tampi)