Sulut  

Dilantik KPU Sulut, 7.568 Pantarlih ‘Door to Door’ Sambangi Rumah Warga

Avatar photo
Pelantikan petugas Pantarlih oleh KPU Sulut. (Foto : Istimewa)

MANADO, NYIURNEWS.COM – KPU Provinsi Sulawesi Utara melantik Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) atau Pantarlih dan dilanjutkan dengan Apel Akbar Pencocokan dan Penelitian (Coklit) Data Pemilih untuk Pilkada Serentak 2024.

Kegiatan ini dipusatkan di Auditorium Universitas Sam Ratulangi Manado, Senin (24/06/2024).

Total anggota Pantarlih se-Sulut yang dilantik berjumlah 7.568 orang, dengan rincian 3.193 hadir langsung di Auditorium Unsrat yang berasal dari Kota Manado, Kota Bitung, Kota Tomohon, Kabupaten Minahasa, dan Kabupaten Minahasa Utara.

Sementara sisanya yang berjumlah 4.375 mengikuti pelantikan secara daring dari daerah masing-masing-masing.

Ketua KPU Sulut Kenly Poluan dalam sambutannya menyampaikan rasa syukur kepada Tuhan yang Maha Esa, katena atas pertolongan-Nya sehingga proses pelantikan dan Apel persiapan Coklit 15 kabupaten/kota bisa terlaksana.

Dalam arahannya, Kenly Poluan mengatakan jika proses Coklit yang akan dilakukan oleh Pantarlih adalah suatu pekerjaan penting dan strategis, dalam upaya KPU melakukan proses pemutakhiran data pemilih, dan ini sesuai dengan undang-undang dan konstitusi.

“Pantarlih akan kerja dalam satu bulan, melaksanakan mandat konstitusi dan undang-undang,” ujar Poluan.

Dia melanjutkan, jika proses pemutakhiran data pemilih merupakan kewajiban KPU untuk memenuhi hak politik warga negara, terutama untuk memilih kepala daerah 2024.

“Pekerjaan Pantarlih singkat, hanya satu bulan, namun menentukan kesuksesan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, serta Wali Kota dan Wakil Wali Kota se-Sulut,” lanjutnya.