Diskusi Bersama Mahasiswa FEB Unsrat, Steven Kandouw Beber Terobosan Gubernur Olly Genjot Pembangunan, Ekspor dan Investasi

Avatar photo
Wagub Steven Kandouw menjadi pembicara dengan materi ‘Dukungan Pemerintah Daerah Meningkatkan Investasi dan Perdagangan Sulawesi Utara’ di Aula FEB Unsrat, Selasa (19/3/2024). (Istimewa)

“Realisasi investasi di Sulut dengan capaian Rp10,7 triliun. Bisa begini karena environment dan government dan community environment,” tukasnya.

Capaian tersebut, lanjut mantan Ketua DPRD Sulut ini, karena diberikan kemudahan oleh Gubernur Olly terhadap para investor yang ingin menanamkan modalnya di Sulut.

“Pemerintah punya pemikiran lebih cepat lebih bagus. Tetapi society masyarakat juga penting. Masyarakat harus punya pemikiran serta ditopang kondusifas daerah, makanya ini harus dijaga supaya Sulut tetap seperti ini. Tidak ada konflik horisontal, hal ini sangat membantu investasi,” pungkasnya.

Potret investasi, ujar Kandouw, tidak saja ditopang oleh Kota Manado saja tetapi ada dari kabupaten/kota lainnya yakni Minahasa Utara, Kotamobagu, Bolaang Mongondow Utara dan Bolaang Mongondow.

“Pertumbuhan ekonomi wujudnya adalah ekspor, kita ini ada di pintu gerbang pasifik, yang paling dekat di Indonesia titiknya adalah Sulut. Sehingga menjadi heran kalau tidak bisa membangun ekspor. Dan setelah ditelusuri kendalanya adalah infrastruktur dan regulasi,” tuturnya.