Gubernur Olly Sambangi Tagulandang, Bantuan Pemprov Sulut Terus Disalurkan untuk Korban Bencana

Avatar photo
Gubernur Sulawesi Utara Prof DR (HC) Olly Dondokambey, SE memimpin langsung kunjungan di Tagulandang, Kabupaten Sitaro bersama dengan Forkopimda, sekaligus memberikan bantuan secara langsung kepada korban erupsi Gunung Ruang. (Istimewa)

MANADO, NYIURNEWS.COM – Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara bersama Forkompida Sulut langsung melakukan gerak cepat terkait bencana alam Erupsi Gunung Ruang di Kabupaten Kepulauan Sitaro.

Hal ini nampak ketika Gubernur Sulawesi Utara Prof DR (HC) Olly Dondokambey, SE memimpin langsung kunjungan di Tagulandang, Kabupaten Sitaro bersama dengan Forkopimda, Jumat, (03/05/2024).

Berangkat dari Bitung pada pukul 05.00 WITA subuh, Gubernur dan rombongan tiba di Tagulandang sekitar pukul 09.00 WITA dan melihat langsung kondisi terkini di Gunung Ruang dari Posko Induk Desa Apengsala.

Diketahui, letusan Gunung Ruang yang terjadi pada, Selasa (30/04/24) yang lalu lebih besar dibandingkan letusan pertama di bulan Maret 2024.

Berbagai upaya terus dilakukan Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara bersama Forkompida dan stakeholder terkait untuk penanggulangan dampak bencana alam di Gunung Ruang.

Sebelumnya Gubernur Olly Dondokambey bersama Wakil Gubernur Drs Steven Kandouw (ODSK) telah melakukan rapat koordinasi (Rakor) bersama Kepala BNPB RI Letjen TNI Suharyanto di Kantor Gubernur.

Rapat koordinasi tersebut membahas terkait proses evakuasi warga telah berlangsung dimana sekitar 3000 lebih warga telah diungsikan.

“Sisanya masih sementara diupayakan. Karena pulau gunung Ruang harus kosong, termasuk juga di Tagulandang,” ujar Kepala BNPB RI.