Guru dan Siswa Berebut Foto Selfie Bersama Wagub Steven Kandouw

Avatar photo

MANADO, nyiurnews.com – Wakil Gubernur Sulut Steven Kandouw menghadiri pembukaan Dies Natalis SMA Negeri 1 (Smansa) Manado, Selasa (20/8/2024).

Wagub mengapresiasi SMAN 1 Manado yang sejak dulu boleh dikatakan sebagai salah satu ikon Kota Manado.

Ket Foto, dari kiri : perwakilan dari Polri, Asisten I Setdaprov Denny Mangala, Wagub Sulut Drs. Steven Kandouw, Kepsek SMAN 1 Manado Jemmy Jermias, Kadis Dikda Sulut Femmy Suluh, Kadis Kominfo Sulut, Evans Steven Liow S.Sos, MM. dan Staf Khusus Gubernur Sulut Bidang Pendidikan Dra Anne Dondokambey MSi.

Dia mengungkapkan di Sulawesi Utara untuk lulusan sarjana hanya 15 persen dari total penduduk. Lulusan SMA 25 persen, sementara lulusan SMP capai 60 persen.

“Jadi anda-anda semua harus berbangga sampai di (jenjang) SMA. Anak-anak harus tunjukkan prestasinya,” ujar Wagub.

Wagub Steven Kandouw memberikan sepeda gratis bagi siswa SMA N 1 Manado.

Mengutip kata bijak dari seorang tokoh dunia, Nelson Mandela, Kandouw: salah satu alat yang bisa mengubah dunia adalah pendidikan.

“Bagaimana pentingnya pendidikan bisa mengubah dunia, mengubah keluarga anda, dan mengubah pribadi anda,” tukasnya.

Meski begitu dia pun mengingatkan bahwa mendidik pikiran tanpa mendidik hati adalah bencana. Wagub menyebut ini relevan dengan keadaan sekarang di era teknologi.

“Orang pintar boleh tapi orang baik itu mutlak. Didik pikiran juga didik hati,” pesan Wagub.

Momentum keseruan Wagub Steven Kandouw bersama para siswa siswi dan guru Smansa Manado.

Lebih jauh dia mengucapkan selamat merayakan Dies Natalis ke 64 untuk keluarga besar SMAN 1 Manado. Dia berharap status sebagai salah satu
ikon Manado terus dijaga. Para pelajar pun diingatkan untuk menjauhkan diri dari hal-hal yang menjadi penyakit di masyarakat. Di antaranya narkoba, judi online hingga pinjaman online.

Wagub Steven Kandouw bersama Kepala Sekolah SMAN 1 Manado, Jemmy Jeremias.

Sementara itu, Kepala Sekolah SMAN 1 Manado, Jemmy Jeremias, mengatakan Dies Natalis tahun ini mengangkat tema Generasi muda hebat, pilar generasi bangsa.

Serangkaian kegiatan siap digelar, di antaranya lomba bola basket, voly dan karate SMA/SMK se-Sulut.

Di akhir kegiatan tersebut Wagub Kandouw pun menutup dengan pesan mendalam. “Adik-adik dan semua guru-guru, pesan saya adalah didik pikiran namun didik juga hati. Saya rasa kalau kita semua baik, aman dunia ini. Jauhi toxic people yang tidak bisa melihat kesuksesan orang. Paling penting adalah hati yang baik. Selamat berdies natalis SMAN 1 Manado. Ingat baik-baik bahwa kalian ini ikon kota Manado, jauhi hal yang jadi sikness of society,” Pungkas Wagub SK.

Ket Foto, dari kiri : Asisten I Setdaprov Denny Mangala, Wagub Sulut Drs. Steven Kandouw, Kepsek SMAN 1 Manado Jemmy Jermias, Kadis Dikda Sulut Femmy Suluh dan Kadis Kominfo Sulut, Evans Steven Liow S.Sos, MM.

Turut hadir Asisten I Setdaprov Denny Mangala, Kadis Dikda Sulut Femmy Suluh dan Kadis Kominfo Sulut, Evans Steven Liow S.Sos, MM. Serta pejabat lainnya. (*don/Lole)