Hasil Pleno KPU, PDIP Raup 58,24 % Suara di Minahasa

Avatar photo
Ketua DPC PDIP Minahasa Robby Dondokambey saat membawakan orasi beberapa waktu lalu. (Foto: Istimewa)

NYIURNEWS.COM, MINAHASA – Mengacu hasil rapat Pleno Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Minahasa Provinsi Sulawesi Utara, tentang rekapitulasi perolehan Suara Pemilu Legislatif, didapati kepastian soal kedigdayaan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) yang makin berkuasa.

Di iven politik 5 tahunan ini, Partai pimpinan Robby Dondokambey ini sukses merebut 19 dari total 35 kursi DPRD Minahasa atau 58,24 %. Menjadi peraih kursi terbanyak, PDIP otomatis kembali berhak atas posisi Ketua DPRD Minahasa periode 2024-2029.

Yang sangat menarik diperbincangkan adalah keruntuhan Partai Golkar yang terus berkelanjutan. Setelah dilibas PDIP pada Pemilu 2014, kini, sepuluh tahun kemudian, Partai yang identik dengan Orde Baru (Orba) tersebut harus bertekuk lutut dibelakang Partai Gerindra yang bisa merampas 8 kursi.

Dalam hal ini, Golkar yang sebelumnya masih bisa berbangga dengan 6 kursi, tapi pada Pileg 14 Februari makin ambyar karena hanya 4 Calegnya yang berhasil dapat kursi.
Dengan demikian, bakal terjadi perubahan di posisi wakil Ketua DPRD Kabupaten Minahasa Periode 2024-2029. Nantinya Gerindra akan duduki posisi Waket 1 dan Golkar harus rela turun ke Waket 2 DPRD.

Dengan beberapa perubahan perolehan kursi, seperti apesnya Partai Hanura yang nihil kursi, Demokrat yang tinggal dapat 2 kursi, juga Perindo dan Nasdem yang hanya kebagian 1 kursi, berimbas pada berkurangnya Fraksi DPRD.

Kalau di periode sekarang ini, 2019-2024 ada 5 Fraksi, maka di periode 2024-2029 hanya akan ada 4 Fraksi. Perindo bakal merapat ke Fraksi PDIP, Nasdem bisa nempel ke Fraksi Golkar dan Gerindra bisa mengatur arah sesuai kepentingan politiknya.

Atas perolehan 19 kursi dari para Caleg Partai berlambang kepala Banteng moncong putih, Ketua DPC-PDIP Minahasa Robby Dondokambey ย menyebutnya sebagai capaian terbaik.

“Yang pasti kita semua bersyukur pada Tuhan atas pencapaian ini. Terima kasih juga pada masyarakat yang memberi kepercayaan pada PDIP. Dan kami, dan para kader PDIP akan bekerja untuk memberikan yang terbaik untuk masyarakat” ungkap mantan Wakil Bupati Minahasa ini. (*)