HUT BHAYANGKARA KE-78, Polres Kotamobagu Bersihkan Makam Orang Tua Pendiri Organisasi Bhayangkari

Avatar photo
Pendiri Organisasi Bhayangkari Ny. Lena Soekamto Mokoginta, dan Kapolri pertama, Jenderal Pol Purn. RS Soekanto (atas). Giat bakti Sosial di makam orang tua Alm. Ny. Lena Mokoginta-Soekamto.

KOTAMOBAGU, NYIURNEWS.COM – Memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Bhayangkara ke-78 tahun 2024, Polres Kotamobagu menggelar kegiatan penelusuran dan bakti sosial di lokasi Makam Orang Tua Pendiri Organisasi Bhayangkari Almarhuma Lena Soekamto-Mokoginta. Selasa (25/06/2024).

Dapat diketahui sosok pendiri organisasi Bhayangkari pertama Alm Lena Soekamto Mokoginta, adalah Istri dari Kapolri pertama, almarhum Jenderal Pol Purn. RS Soekamto.

Bakti sosial tersebut dipimpin langsung Kapolres Kotamobagu AKBP Dasveri Abdi. Dalam sambutannya, Kapolres menyampaikan bahwa Lena Soekamto-Mokoginta adalah sosok yang sangat berjasa dalam sejarah Bhayangkara, khususnya dalam pendirian organisasi Bhayangkari.

“Sebagai istri dari Kapolri pertama, almarhumah Ny.Lena Soekamto-Mokoginta, kontribusi beliau sangat besar dalam membentuk dan mengembangkan Bhayangkari hingga menjadi organisasi yang kita kenal saat ini. Dan diketahui beliau berasal dari
Kotamobagu sehingga memberikan kebanggaan tersendiri bagi kita semua”, ujar Kapolres.

Kapolres Dasveri Abdi juga menekankan pentingnya menghargai warisan yang
ditinggalkan oleh Ny. Lena Soekamto-Mokoginta.

“Kami sangat menghargai warisan yang beliau tinggalkan, dan momen hari Bhayangkara ini adalah salah satu cara kami untuk menghormati dan mengenang jasa-jasa beliau.

Kami berharap nilai-nilai pengabdian
dan dedikasi yang beliau tanamkan dapat terus diwariskan kepada generasi berikutnya.” tambahnya.

Kegiatan ini melibatkan segenap anggota Polres Kotamobagu, yang secara sukarela membersihkan dan merawat makam orang tua dari Ny. Lena Soekamto-Mokoginta.

Hal ini menjadi wujud nyata penghormatan dan penghargaan atas
jasa-jasa almarhuma dan keluarganya.

Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan semangat kebersamaan dan kepedulian sosial semakin terjalin kuat di kalangan anggota Bhayangkara dan masyarakat Kotamobagu, sekaligus mengenang jasa para pendahulu yang telah berkontribusi besar bagi bangsa dan negara. (*don)