Indonesia vs Vietnam, Pertaruhan Harga Diri Tim Garuda

Avatar photo
Timnas Indonesia saat melakukan sesi latihan menjelang bertanding melawan Vietnam dalam Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. (Dok. PSSI)

Posisi Rizky Ridho di bek tengah kanan kemungkinan tidak tergantikan. Wahyu Prasetyo dan Nathan Tjoe-A-On bakal menjadi pelapis. Nama terakhir bisa saja dimainkan di babak kedua untuk menjalani debutnya.

Lini Tengah
Dengan Justin Hubner ditarik ke belakang, maka Marselino Ferdinan kemungkinan juga bakal bermain lebih ke dalam. Gelandang berusia 19 tahun itu akan berduet dengan Ivar Jenner.

Tanpa Asnawi Mangkualam, Sandy Walsh seharusnya sudah pasti mengunci posisi wingback kanan. Sementara, Pratama Arhan menjadi wingback kiri. Nathan Tjoe-A-On juga bisa beraksi di tempat Arhan.

Jika Shin Tae-yong memilih untuk lebih fight di lapangan tengah, maka ia bisa mempertimbangkan Ricky Kambuaya dan Marc Klok. Nama pertama bahkan juga dapat menjadi opsi untuk bermain sejak awal demi meladeni permainan agresif Vietnam.

Lini Depan
Timnas Indonesia harus menang atas Vietnam. Oleh sebab itu, Shin Tae-yong tidak boleh setengah-setengah dalam menurunkan pemain berkarakteristik menyerang.

Gelandang serang kanan dapat ditempati oleh Yakob Sayuri. Sementara, Rafael Struick bisa kembali ke posisi aslinya sebagai second striker yang bermain sedikit melebar ke kiri.

Untuk mengisi posisi striker bernomor sembilan, Ramadhan Sananta layak diturunkan Shin Tae-yong. Penyerang berusia 21 tahun itu tentu ingin membuktikan diri setelah melewati Piala Asia 2023 dengan cedera. (*)