Janji Gubernur Olly di Hadapan Para Pengungsi Asal Pulau Ruang Berbuah Manis, Presiden Jokowi Setuju Usulan Gubernur Olly Tiap Keluarga Dapat Satu Hektar Lahan Pertanian

Avatar photo

SULUT, NYIURNEWS.COM – Kabar gembira bagi masyarakat Sulawesi Utara, khususnya bagi warga terdampak asal Pulau Ruang.

Masyarakat Sulut tentu nya sangat bersyukur dan bangga memiliki Gubernur yang luar biasa Hebat dalam memperjuangkan setiap harapan warga Sulut khususnya para Pengungsi asal Pulau Ruang.

Diketahui, Usulan Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey kepada pemerintah pusat agar menambah lahan pertanian bagi 301 Kepala Keluarga korban terdampak erupsi Gunung Ruang yang akan direlokasi, disetujui Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Gubernur Olly menjelaskan kepada Jokowi bahwa dampak erupsi Gunung Ruang di Kecamatan Tagulandang, Kabupaten Sitaro mengakibatkan 833 jiwa di dua desa Pulau Ruang yakni Desa Laingpatehi dan Desa Pumpente harus dievakuasi.

โ€œMemohon karena selain semua rumah mereka rusak, kebun mereka juga habis pak. Kalau bisa ada tambahan lahan perkebunan bagi 301 keluarga ini pak,โ€ ucap Olly kepada Presiden Jokowi melalui video conference, Jumat (3/5/2024).

Tanpa pertimbangan, Jokowi menyetujui usulan dan permohonan Olly. Dikatakannya penambahan lahan satu hektar per Kepala Keluarga adalah kebutuhan paling mendasar untuk memulihkan perekonomian mereka.

โ€œBisa jadi apa yang disampaikan gubernur, saya kira setuju ada tambahan lahan untuk pertanian atau perkebunan. Saya kira ini penting sekali berkaitan dengan kegiatan dan pekerjaan mereka,โ€ ujar Jokowi.

Sebelumnya pada Jumat (3/5/2024) pagi, Olly bersama pihak BNPB RI dan Forkopimda Sulawesi Utara meninjau langsung Posko Terpadu berlokasi di Desa Apeng Sala, Kecamatan Tagulandang.

Sebanyak 156 jiwa yang terbagi Desa Laingpatehi 18 Kepala Keluarga atau 57 jiwa dan Desa Paumpente 36 Kepala Keluarga atau 99 jiwa masih bertahan di lokasi Posko Terpadu buatan pemerintah tersebut.

Foto beberapa hari yang lalu saat Gubernur Olly Dondokambey mengunjungi para pengungsi asal Pulau Ruang. (Foto: Istimewa)

Di hadapan para pengungsi asal Pulau Ruang, Gubernur Olly mengatakan bakal mengusulkan lahan pertanian di lokasi relokasi nanti. (*)