Manado  

ODSK Terus Menunjukkan Komitmennya Dalam Mendukung Pengembangan dan Percepatan Penerapan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik

Pemprov Sulut-Bappenas Komit, Tingkatkan Pelayanan Publik dan Optimalkan SPBE.

MANADO, NYIURNEWS.COM – Pemprov Sulut terus bergerak, Tingkatkan Pelayanan Publik, dibawah komando Gubernur Olly Dondokambey sampai hari ini ODSK telah menunjukkan komitmennya dalam mendukung pengembangan dan percepatan penerapan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE).

Layanan publik melalui platform digital, untuk memperkuat infrastruktur IT, dan meningkatkan kapasitas SDM terkait teknologi informasi, semua ini tentunya adalah Komitmen awal ODSK untuk terus berupaya agar selalu aktif dan terus bergerak maju untuk memperluas aksesibilitas.

Melihat komitmen tersebut, dalam rangka menyusun Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2025-2029, Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) bersama Pemprov Sulut dan Pemkot Manado melakukan diskusi capaian SPBE, bertempat di Ruang F.J. Tumbelaka Kantor Gubernur Sulut, Selasa (28/5/2024).

Turut hadir, Kadiskominfo Sulut, Evans Steven Liow,S.Sos,MM ,ย  Perencana Ahli Madya Direktorat Aparatur Negara dan Transformasi Birokrasi Bappenas Firdini S.Hum, MPA, Sekdiskominfo Sulut John Rembet S.H, M.Si, Plt. Kabid E-Government Sulut Anugrah Mangare S.Kom dan Sekdiskominfo Manado Hentje Lombone.

Perencana Ahli Madya Direktorat Aparatur Negara dan Transformasi Birokrasi Bappenas Firdini menerangkan peran strategis penerapan SPBE dalam meningkatkan tata kelola pemerintahan dan inovasi layanan publik kepada masyarakat.

“Ini akan menjadi panduan bagi pencapaian sasaran transformasi digital dan inklusivitas layanan publik yaitu terwujudnya pelayanan publik yang berkualitas dan inklusif,” kata Firdini.

Sebelumnya Kadiskominfo Sulut Evans Steven Liow mengatakan pelayanan publik bisa dibilang cukup banyak tantangannya, seperti infrastruktur dan sumber daya manusia.

Menurutnya, Pemprov Sulut pro aktif dalam mendukung pengembangan SPBE di Sulut. Ini termasuk kerjasama dengan berbagai pihak termasuk pemerintah pusat untuk mengembangkan infrastruktur digital, mendorong inovasi dalam layanan publik berbasis teknologi, dan memperkuat konektivitas digital di seluruh Sulut.

Upaya ini sejalan dengan visi untuk menciptakan lingkungan yang lebih inklusif, efisien, dan berkelanjutan bagi warga Sulut.

โ€œDengan implementasi komprehensif dan terus-menerus dari strategi ini, Pemprov Sulut optimis dapat mencapai tujuan dalam memperkuat tata kelola pemerintahan melalui penerapan SPBE,” jelas Kadiskominfo Sulut (ESL). (***)