Pasca Erupsi; Belum Turun Level, Gunung Ruang Masih Berstatus Awas

Avatar photo
Gunung Ruang di Tagulandang. (Istimewa)

SITARO, NYIURNEWS.COM – Gunung Ruang hingga saat ini masih berstatus level IV Awas.

Aktivitas di puncak kawah masih terlihat berupa asap kawah yang cukup tinggi.

Itu berdasarkan laporan petuga pos pemantau gunung Ruang Farid Ruskanda Bina, A.Md dan Yappie Fredrik Albert Rombot hingga pukul 16.00 WITA. Secara visual gunung terlihat jelas.

Asap kawah teramati berwarna putih dengan intensitas tebal dan tinggi 300-500 m di atas puncak kawah.

Secara kegempaaan terjadi vulkanik dangkal terjadi sekali amplitudo : 3.5 mm, durasi : 5 detik.

Gempa vulkanik dalam juga terjadi sekali dengan amplitudo : 29 mm, S-P : 1.2 detik, Durasi : 20.5 detik.

Rekomendasi agar :
1. Masyarakat di sekitar G Ruang dan pengunjung/wisatawan agar tetap waspada dan tidak memasuki wilayah radius 5 km dari pusat kawah aktif G Ruang.

2. Masyarakat yang bermukim pada wilayah P. Tagulandang yang masuk dalam radius 5 km agar segera dievakuasi ke tempat aman di luar radius 5 km.

3. Masyarakat dihimbau untuk selalu menggunakan masker, untuk menghindari paparan abu vulkanik yang dapat mengganggu sistem pernafasan.

4. Masyarakat di sekitar G. Ruang diharap tenang, beraktivitas seperti biasa, tidak terpancing isu-isu tentang erupsi G. Ruang dan tetap mengikuti perkembangan aktivitas G. Ruang melalui aplikasi MAGMA Indonesia yang dapat diunduh di Google Playstore atau melalui website https://magma.esdm.go.id.

5. Pemerintah Daerah, BPBD Provinsi dan Kabupaten agar senantiasa berkoordinasi dengan Pos Pengamatan Gunung Api Ruang, Desa Tulusan, Kecamatan Tagulandang, Kabupaten Sitaro, Sulawesi Utara atau Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi di Bandung. (*)