Pasiar Pengucapan Minsel, OD-SK Semakin Dicintai Rakyat, Steven Kandouw Dikepung Warga Minta Foto Selfie Bersama

Avatar photo
Wagub Steven Kandouw diajak foto selfie bareng. (ist)

Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey dan Wagub Steven Kandouw bersama Forkopimda Sulut, rayakan thanksgiving di Minsel.

MINSEL, NYIURNEWS.COM – Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia dengan 17.508 pulau yang dihuni lebih dari 360 suku bangsa. Hal ini membuat Indonesia kaya akan keragaman budaya dan tradisi.

Salah satu Tradisi yang menarik yang dimiliki oleh Negara Indonesia lebih khusus masyarakat Sulawesi Utara tepatnya di Minahasa Selatan adalah Perayaan pengucapan syukur yang merupakan gambaran rasa terimakasih kepada Tuhan atas berkat pemeliharaan Tuhan lewat hasil panen masyarakat.

Pesta panen yang dikenal dengan tradisi pengucapan syukur itu. Melalui tradisi masyarakat Minahasa Selatan menyatakan rasa syukur kepada Opo Empung Wailan Wangko atau Tuhan Maha Besar.

Gubernur Olly Dondokambey melalui Kadis Kominfo Sulut Evans Steven Liow mengatakan, “Ini merupakan keragaman tradisi dan wujud iman dari setiap warga gereja yang mensyukuri atas berkat-berkat Tuhan melalui hasil panen dari perkebunan.”

Dikatakannya lagi, Berkat yang disyukuri bukan hanya dari hasil pertanian atau perkebunan, tetapi juga dari peternakan dan setiap usaha yang ada.

“Semua diwujudkan melalui ibadah di Gereja dan dilanjutkan makan bersama dengan saudara ‘handai tolan’ kerabat yang dari luar Minahasa Selatan.

Thanksgiving ala Minsel ini telah menjadi perhatian yang luar biasa bagi rakyat di Sulawesi Utara maupun di luar daerah, bahkan sampai di luar negeri.

Steven Liow juga menambahkan, ” Gubernur Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven Kandouw bersama Forkompinda saat mengunjungi Kabupaten Minsel sangat antusias ba pasiar dihari Pengucapan Syukur tersebut.

Kehadiran OD-SK disambut hangat oleh Bupati Minsel Franky Donny Wongkar dan semua masyarakat yang ada.

Pantauan media NyiurNews.Com, terlihat Bupati Wongkar menjamu melalui santap kasih bersama di Kediaman Wongkar-Sumual.

Dalam kesempatan tersebut, Gubernur  Olly menyampaikan apresiasi kepada  Bupati Wongkar dimana pertumbuhan ekonomi Minahasa Selatan tumbuh sangat baik.

Adapun apresiasi terhadap Bupati Wongkar, Gubernur Olly berharap agar stabilitas pertumbuhan ekonomi terus dijaga.

Di hari spesial tersebut, Gubernur Olly Dondokambey dan Wagub Steven Kandouw bersama Forkopimda Sulut, kompak pasiar pengucapan syukur, berbaur dan merayakan bersama masyarakat Minsel.

“Jadi pak Bupati, program marijo bakobong harus terus digalakkan karena marijo ba kobong dan mapalus adalah modal sosial warga Minsel diharap terus terjaga. begitu juga perkuat perdagangan regional dimana Minsel akan menjadi Supplier hortikultura untuk IKN,” Ujar nya.

Ditambahkannya, “Ke Depan saya harapkan komoditi Holtikultura termasuk pengembangan Sawah baru, akan didorong sampai peternakan babi  ayam dan sapi karena pelabuhan Amurang akan terus dikembangkan  untuk membawa hasil produksi pertanian perkebunan dan peternakan,” ujar Gubernur  Olly  Dondokambey saat mengikuti acara pasiar bersama Wagub dan forkompinda.

Dikesempatan tersebut Gubernur beserta rombongan tak lupa mengunjungi Pelabuhan Amurang.

Warga terlihat antusias menyambut kehadiran Gubernur dan Wakil Gubernur.

Menariknya pada saat kunjungan OD-SK, Pak Wagub Steven Kandouw diteriaki penerus Olly Dondokambey putra Minsel orang Rumoong Bawah Amurang .

“Torang siap dukung Bapak Steven Kandouw jadi Gubernur pada Pilgub November nanti,” teriak warga yang mencegat rombongan.

Terlihat, Steven Kandouw dikepung warga minta foto selfie bersama.

Dikesempatan itu, Steven Kandouw juga memberikan apresiasi bagi warga Minsel, terlebih yang dari luar Minsel yang datang ikut merayakan pengucapan syukur dan pasiar (ron-ron kampung).

“Biar macet berjam-jam dengan kesabaran datang pulang kampung baku dapa deng sudara, kunjungi sahabat dan keluarga beribadah bersama. Semoga warga Minsel terus diberkati Tuhan dan diberkati juga untuk hasil pertanian dan perkebunan serta  peternakan,” doa  Wagub.

Pada kesempatan tersebut OD-SK menyampaikan akan mempersiapkan bibit pertanian perkebunan kelapa dan juga bibit peternakan babi dan juga sapi. (*)