Philep Regar: Ferry Liando Harapan Baru Untuk Pengembangan FISIP Unsrat kedepan

Avatar photo

Ferry Liando Dekan Fisip Unsrat yang Tertunda 8 Tahun.

Oleh: Drs Philep Regar MSi

SULUT, NYIURNEWS.COM – Selamat dan sukses Dr. Daud Markus Liando, SIP, M.Si., atas terpilih dan dilantiknya sebagai Dekan FISPOL Unsrat tahun 2024-2028.

Terpilih dan dilantiknya Ferry (sapaan akrab bagi Dekan baru ini), membuat saya teringat 8 tahun yang lalu (waktu itu Ferry sebagai Ketua Senat FISIP) seharusnya sudah pasti menggantikan saya. Sebab sudah didukung oleh mayoritas anggota senat dan sudah disetujui oleh Rektor.

Namun, dalam ketulusan dan kerendahan hatinya, ia mendatangi saya menyampaikan bahwa ia senang atas dukungan kuat baginya, tetapi dia mau memberi kesempatan kepada seniornya, dalam hal ini Dr. Novie Revly Pioh, M.Si. Saya menghormati dan menghargai sikap dan pilihanya.

Ferry mengusulkan untuk bertemu dan memberitahu Novie Pioh. Lalu atas inisiatif Ferry, kami bertiga (Ferry, Novie, dan saya) bertemu di Hotel Grand Puri, menyampaikan dan meminta kesiapan pak Novie menjadi calon dekan berikut.

Ferry memberi jaminan bahwa pendukungnya akan mendukung Novie.
Sesudah pertemuan itu, semua proses berjalan mulus, Novie mendapat suara mayoritas senat dan dinyatakan sebagai Dekan terpilih, dan dihari yang sama pada jam 15.00 Novie dilantik sebagai dekan menggantikan saya.

Dan 8 tahun kemudian Ferry terpilih dan dilantik menggantikan Novie.
Ternyata Novie membuka jalan bagi Ferry yang memberi jalan baginya 8 tahun yang lalu. Dekan Ferry dekan yang tertunda 8 tahun.

Ferry membuka harapan baru untuk pengembangan FISIP Unsrat kedepan.
Sebagai seorang akademisi yang handal diharapkan mampu membangun dan mengembangkan suasana akademik yang “tu mou tou”.

Sebagai aktivis mahasiswa internal dan eksternal kampus dijamannya, dan sebagai pendamping dan pembimbing mahasiswa masa kini, diharapkan Ferry mampu memotivasi gerakan-gerakan dan aktivitas kemahasiswaan yang produktif dan positif.

Dengan pengalaman hubungan dan jaringan luas secara nasional dan internasional, Ferry diharapkan mampu membangun keunggulan FISIP dan menempatkan FISIP berperan aktif dalam perjalanan Unsrat menuju World Class University.

Semoga menjadi dekan pengabdi dalam jabatan, bukan dekan penikmat jabatan.

Ini Jabatan yang pernah dipegang Ferry Daud Liando di Unsrat Manado:

1. Ketua Program Studi Ilmu Pemerintahan FISIP Unsrat 2012-2015
2. Sekretaris Senat FISIP Unsrat 2012-2014
3. Ketua Senat FISIP Unsrat 2014-2016
4. Ketua Senat FISIP Unsrat 2016-2018
5. Koordinator Program Studi S2 Pengelolaan Sumber Daya Pembangunan (PSP) Pascasarjana Unsrat 2014-2018
6. Ketua Jurusan Ilmu Pemerintahan FISIP Unsrat 2018-2020

(Philep Regar, mantan Dekan FISIP Unsrat)