Realisasikan Dana Desa T.A. 2024, Pemdes Poigar Dua Bangun Jalan Perkebunan Paposokan

Avatar photo
Realisasikan Dana Desa T.A. 2024, Pemdes Poigar Dua Bangun Jalan Perkebunan Paposokan.
Realisasikan Dana Desa T.A. 2024, Pemdes Poigar Dua Bangun Jalan Perkebunan Paposokan.

MINSEL, NYIURNEWS.COM – Dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Pemerintah Desa (Pemdes) Poigar Dua Kecamatan Sinonsayang Kabupaten Minahasa Selatan terus berbenah

Salah satunya dengan memperbaiki sarana penunjang berupa prasarana infrastruktur jalan

Kali ini Pemdes Poigar Dua merealisasikan pelaksanaan pembangunan Pembentukan Badan Jalan di perkebunan Waadan atau lebih di kenal dengan nama perkebunan Paposokan

Realisasikan Dana Desa T.A. 2024, Pemdes Poigar Dua Bangun Jalan Perkebunan Paposokan.

Adapun pengerjaan pembentukan badan jalan tersebut dengan menggunakan satu unit Excavator untuk meratakan dan melebarkan jalan serta membuka jalan perkebunan sampai ke titik jalan yang sudah ditentukan.

Pembangunan jalan perkebunan tersebut yang menyerap anggaran Dana Desa Tahun 2024 sebesar Rp.99.275.000,. juta dengan ukuran volume panjang jalan 2.350 Meter.

Kemudian ukuran volume 1955m x 0,50m x 0,50m menyerap anggaran Dana Desa sebesar Rp39.475.000,. Juta.

Realisasikan Dana Desa T.A. 2024, Pemdes Poigar Dua Bangun Jalan Perkebunan Paposokan.

Dikonfirmasi awak media NyiurNews.Com dan Koran Nyiur Post, Hukum tua (Kumtua) Desa Poigar Dua Ampel Rondonuwu menyampaikan bahwa, pembangunan jalan perkebunan telah disepakati bersama melalui musyawarah mufakat antara Pemerintah Desa, BPD, LPMD dan tokoh masyarakat.

“Maka dengan dibangunnya jalan ini mudah-mudahan bisa dirasakan manfaatnya oleh semua masyarakat, terlebih bagi warga Desa Poigar Dua, Sebab bisa digunakan sebagai akses sarana transportasi dalam kegiatan peningkatan ekonomi khususnya di bidang pertanian,” kata Kumtua.

Lanjutnya, diharapkan dengan di bangunnya jalan perkebunan Paposokan ini masyarakat lebih mudah dalam melakukan aktifitas, Utamanya untuk menunjang kegiatan ketahanan pangan tingkat desa

Selain itu juga sebagai sarana transportasi hasil pertanian karena masyarakat tak lagi terkendala dengan kondisi jalan. Terpenting kepada warga untuk selalu menjaga dan merawat hasil dari pembangunan yang telah dilaksanakan agar manfaat bisa di nikmati terus menerus, baik untuk warga sekitar maupun masyarakat umum.” Ujar Kumtua Desa Poigar Dua Ampel Rondonuwu.

Terpisah, Sekretaris Desa Poigar Dua Novelli Paputungan mengaku sangat senang dengan dibangunnya akses jalan perkebunan Waadan-Paposokan oleh Pemdes Poigar Dua melalui anggaran dana desa T.A.2024, dimana para pekerja yang melaksanakan juga penduduk setempat sebagai padat karya tunai dalam pemberdayaan masyarakat.

“Selaku aparat Desa dan juga warga tentu sangat senang dan kami bangga memiliki Bpk.Kumtua Ampel Rondonuwu yang mau berjuang dan terus memajukan Desa Poigar Dua.” Ujar Sekdes Novel Paputungan.

Ditambahkannya, Pemdes Poigar Dua sudah merealisasikan pelaksanaan pembangunan, pembentukan badan jalan di perkebunan Waadan Paposokan. langkah ini diambil dikarenakan menjadi salah satu pemanfaatan dana desa dengan tujuan untuk memperlancar transportasi juga meningkatkan perekonomian masyarakat khususnya para petani, untuk menunjang kegiatan ketahanan pangan tingkat desa,” pungkasnya. (*Om Lole/Jefta Tampi)