Serahkan SK PPPK Minahasa, Wagub Kandouw: Abdi Negara Wajib Miliki Loyalitas, Integritas dan Dedikasi

Avatar photo
Wagub Steven Kandouw hadiri pelantikan dan penyerahan PPPK Kabupaten Minahasa di Wale Ne Tou, Tondano, Rabu (Rabu (5/6/2024). (Istimewa)

MINAHASA, NYIURNEWS.COM – Wakil Gubernur (Wagub) Steven Kandouw menghadiri pelantikan ratusan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) Kabupaten Minahasa di Wale Ne Tou, Tondano, Rabu (5/6/2024).

Usai dilantik, mereka menerima SK pengangkatan sebagai pegawai PPPK.

“ASN itu terdiri atas PNS dan PPPK. Jadi anda semua juga ASN, kalian patut berbahagia,” katanya.

Steven mengingatkan para PPPK ini tentang tiga hal penting yang musti dimiliki sebagai abdi negara. Pertama, kata dia, adalah loyalitas.

Ini, menurut dia, wajib hukumnya bagi PPPK.

Kemudian integritas. Dikatakan Steven, PPPK perlu bertanggung jawab dengan pekerjaan.

“Anda harus bertanggung jawab dengan jabatan anda, bertanggung jawab dengan tupoksi anda, sekaligus anda harus benar-benar bertanggungjawab secara akuntabel apabila ada hal-hal yang menyangkut keuangan,” kata dia.

Hal lainnya yang musti dimiliki PPPK adalah dedikasi. Di dalamnya para PPPK musti bekerja dengan hati.

“Karena pekerjaan adalah hal yang musti disyukuri,” katanya.

Steven juga berpesan tentang literasi ekonomi. Menurutnya, literasi ekonomi adalah kemampuan mengelola keuangan dengan baik.

“Jangan habis ini langsung ke bank atau dealer! Walau pun sedikit harus berhemat dan miliki target punya rumah sendiri,” kata Wagub.

Dia mengungkapkan, saat ini 75 persen THL belum punya rumah. Pemprov Sulut punya program rumah tanpa uang muka.
“Mudah-mudahan sampai di Minahasa kerjasamanya. Jadi, pak bupati bisa kerja sama dengan BSG cari tempat, lokasinya,” tandasnya. (*)