Terima Kasih ODSK, Tujuh SMK di Sulut Terima Bantuan Pengembangan Berbasis Industri 4.0

Avatar photo
ODSK tokoh peduli pendidikan Sulut. (Istimewa)

MANADO, NYIURNEWS.COM – Tujuh sekolah di Sulut menerima bantuan pengembangan SMK berbasis industri 4.0 dari Kemendikbud melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi.

Ketujuh sekolah tersebut adalah SMKN 1 Tombariri, SMKN 1 Ratahan, SMKN 1 Wori, SMKN 6 Bitung, SMKS Muhamadiyah Kotamobagu, SMKN 2 Manado, dan SMKN 6 Manado.

Dalam surat yang ditandatangani Plt Direktur SMK Dr Wardani Sugiyano MPd, terdapat 7 sekolah di Sulut dari total 31 SMK di Indonesia yang menerima bantuan itu.

Salah satu Kepsek yakni SMKN 6 Manado Altje Salele SPd MPd saat dikonfirmasi mengungkapkan, proses sekolahnya masuk sebagai penerima bantuan program pengembangan Sekolah Berbasis Industri 4.0 diawali dengan memasukan data di Takola.

Ada 9 ribuan SMK se Indonesia yang memasukan data itu, kemudian terpilih 90 sekolah.

“Selanjutnya ada proses wawancara, dan terpilih 31 sekolah di Indonesia. SMKN 6 Manado menjadi salah satu dari 7 SMK di Sulut yang menerima bantuan itu,” ujarnya.

Lanjutnya menceritakan, Kepala sekolah juga diwawancarai terkait bantuan itu.

Dalam wawancara tersebut, kepala sekolah harus menyampaikan berbagai hal terkait sekolah. Hal itu menyangkut analisis SWAT (Strength, Weakness, Opportunities, Threats), termasuk juga perencanaan.

“Ini harus dijelaskan oleh kepala sekolah, dan yang terutama adalah tim harus solid, dan sekolah sudah menerapkan model pembelajaran Teaching Factory atau Tefa,” terang Altje Salele sambil menambahkan tengan penilaian itu, SMKN 6 Manado mendapat kesempatan untuk menjadi calon penerima bantuan pengembangan Sekolah Berbasis Industri 4.0.